REVIEW Assassin Creed Brotherhood

Halo… Para pembaca Berita maupun Artikel di Blog Setiawan_tkj, kali ini kita akan membedah game Assassin Creed Broherhood, yang dimana sang developer game yang satu ini tidak main-main dalam mengembangkan game Assassin ini. Tanpa basa-basi panjang, mari kita simak ulasan dibawah ini.


Assassin Creed Brotherhood
Publisher : Ubisoft
Developer : Ubisoft Montreal
Release Date : 18 Maret 2011

Story 80
Gameplay 90
Graphic 95
Overall 95

STORY

Cerita di Brotherhood ini melanjutkan sekuel sebelumnya, yakni setelah ending dari sekuel Assassin Creed 2, Ezio dan pamannya bernama Mario pulang kembali ke kastil Monteriggioni, Namun kedamaian mereka tidak berlangsung lama. Kastil mereka diserang oleh Cesare Borgia hingga menewaskan pamannya dan Caterina Sforza berhasil ditangkap. Ezio yang tidak sengaja lolos dari serangan tersebut, kembali ke Roma dan membangun kembali kekuatan bersama teman-temannya untuk membebaskan Caterina dan membalaskan kematian pamannya.

GAMEPLAY

Sekuel game ini mengalami banyak perkembangan dengan menyajikan gameplay yang lebih natural dan keren. Ezio kini bakal dapat menjelajahi kota Roma yang dimana lebih luas tiga kali lipat daripada kota Florence di Assassin Creed 2. Kini kita sudah dapat mengendarai kuda di jalanan kota dan tidak hanya sebagai alat transportasi saja, kini kuda dapat digunakan untuk sebagai objek untuk melompat ke tembok yang tinggi atau melompat untuk menikam musuh. Dan perjalanan jauh yang membosankan dari satu kota ke kota lain sudah ditiadakan pada sekuel ini.


Seperti biasanya misi utama tersusun rapi sehingga pemain dapat mudah mengerti jalan cerita game ini dan beberapa misi juga telah diseting sedemikian rupa dengan berbagai aksi yang seru bagai aksi di film-film Hollywood. Seperti saat Ezio kejar-kejaran mengunakan kereta kuda dan bahkan Ezio dapat mengunakan senjata mesin ala zaman romawi, mengunakan meriam, dan bahkan mengendalikan kapal perang.

Selain menikmati misi utama yang menarik. Kita dapat mengikuti misi sampingan yang juga menantang. Dimana pada kota Roma, kita dapat menguasai tower Borgia yang tersebar disepanjang kota, dengan cara menyusup ke wilayah tower yang akan dijaga ketat oleh para prajurit dan kita mesti membunuh kapten prajurit tersebut untuk kemudian memanjat tower dan mensabotase tower milik musuh tersebut. Setelah tower tersebut berhasil dikuasai, maka kita dapat menginvestasi toko-toko di wilayah tersebut untuk meningkatkan pemasukan uang kita.


Fitur manajemen juga telah ditambahkan ke dalam permainan ini. dimana kini Ezio dapat merekrut teman sebagai Assassin dan membentuk sebuah Guild. Setelah berhasil merekrut teman, kita dapat mengatur jenis senjata yang dipakai, model baju, dan bahkan menaikan experience point dan skill mereka. kita dapat memanggil mereka untuk membunuh target yang telah kita tentukan. Setelah kita tandai target dan menekan tombol T pada keyboard untuk memanggil teman kita. Saat dieksekusi pada akan layar terlihat Ezio menjentikan jarinya dan tiba-tiba Assassin muncul dari suatu sudut lalu menghujam target dengan gaya yang keren banget…. Disamping itu, kita juga dapat memanggil teman Assassin kita untuk membantu kita dalam menjalankan misi.

Disepanjang kota Roma, kita juga akan menemukan kandang burung Merpati, yang dimana pada zaman dahulu, merpati digunakan dalam mengirimkan pesan jarak jauh. Saat kita mengakses kandang burung merpati, kita akan dibawa ke layar menu untuk melihat daftar kontrak misi yang ada dan mengirim para assassin yang berhasil kita rekrut ke berbagai belahan dunia, mulai dari Barcelona, Moscow, London, hingga Paris. perlu diingat tiap kontrak misi memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda dan kita harus menyesuaikan dengan experince dan skill Assassin yang kita rekrut supaya dapat melaksanakan tugas dengan sukses. Dan atas jerih payahnya, mereka akan mendapatkan sejumlah experience dan uang.

Disamping dari fitur fitur yang disebutkan diatas. Fitur Multiplayer merupakan pertama kalinya dihadirkan pada game ini dan mempunyai nilai jual tinggi bagi sekuel ini. Dimana Anda bisa bertemu dan bermain bersama dengan pemain lain dari berbagai belahan dunia dalam game ini. Ada beberapa mode multiplayer yang ditawarkan terlihat cukup menarik dan menantang, seperti mode Free for All hingga mode Wanted. Namun sayangnya kita belum sempat menikmati serunya multiplayer game ini, dikarenakan terkendala dengan kecepatan koneksi internet yg dimiliki. Hehehe…


GRAPHIC

sejauh ini tidak ada yang mencolok dalam hal grafis. Tapi satu hal yang membuat saya berdecak kagum yakni keindahan lingkungan permainan. Mereka telah bekerja keras menghadirkan kota Roma yang luas dengan begitu detil serta model bangunan yang juga tidak tampak monoton. Adanya perubahan pagi ke malam yang semakin halus sehingga menambah tingkat realiti dalam permainan yang juga di iringi adanya pengaruh pada lingkungan. Seperti saat malam hari, ada beberapa penduduk yang membawa lentera sambil menelusuri jalan serta lampu-lampu jalan yang tampak indah menerangi kota Roma. Secara keseluruhan, grafis game ini berhasil disajikan dengan lebih baik lagi pada sekuel ini.

OVERALL

Bagi yang pernah menamatkan game Assassin Creed pertama dan kedua, tentu saja tidak akan melewatkan begitu saja sekuel Brotherhood ini. Penambahan fitur seperti bertambahnya gerakan akrobatik yang baru, trik serangan hingga jenis senjata yang jauh lebih banyak, serta misi utama dan misi sekunder yang seru dan menantang membuat kita betah berlama-lama di depan layar monitor.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment