Tips Mencegah Virus Di Komputer Anda

Di Indonesia masyarakatnya mulai keranjingan dengan gadget yang bermacam model dan style, mudah mendapatkannya dengan berbagai variasi harga dan kualitas. Tapi tidak mengetahui bagaimana virus itu masuk melalui perangkat gadget yang anda miliki seperti PC tablet, PD, Iphone dan ponsel lainnya, untuk itu perlu mencegah gadget USB terjangkit virus hingga mungkin piranti gadget anda tidak dapat digunakan sama sekali. Lakukan pencegahan berikut ini sebagai antisipasi awal pada piranti anda.

1. Selalu lakukan scan antivirus.

Kita tidak pernah tahu komputer atau perangkat yang terhubung pada piranti gadget kita terjangkit virus atau tidak oleh sebab itu selalu terbiasa untuk melakukan scan antivirus terlebih dahulu, apalagi jangan sembarangan piranti gadget kita terhubung dengan komputer di warnet karena bisa dibilang disanalah gudangnya virus bila para pemilik warnet tidak melakukan rutinitas scan virus di komputernya.

2. Jangan sembarangan mendownload file

Kebiasaan memburu file atau musik melalui piranti gadget kita yang terkoneksi internet menjadi salah satu virus masuk bisa jadi spyware atau adware masuk dengan cara mengunduh sembarang file, untuk pencegahan pilih sumber aplikasi mengunduh yang jelas atau over the air yaitu provider ponsel atau piranti gadget anda menyediakan aplikasi server untuk kebutuhan pengunduhan file yang dibutuhkan.

3. Instal antivirus

Selalu pasang antivirus saat membeli perangkat gadget anda, atau tanyakan tentang antivirus yang cocok untuk gadget yang anda pilih kepada pemilik toko atau provider gadget sehingga ada referensi yang lebih baik untuk lakukan instal antivirus.

4. Lakukan Imunisasi

Selain memasang antivirus bukan berarti aman dengan kondisi piranti gadget anda, lakukan juga imunisasi pada piranti, hal ini bertujuan mencegah dari ancaman malware, contohnya aplikasi autorun.inf yang berjalan secara otomatis maka lakukan pencegahan dengan lakukan aplikasi yang banyak disediakan seperti USB Virus Scan dengan begitu dapat mendeteksi dan membuang langsung bila ada indikasi malware.

5. Lakukan backup data

Pencegahan berikutnya bisa lakukan dengan cara mengbackup kontak telepon, data penting lainnya yang tersimpan di piranti gadget anda. atau dengan lakukan layanan online untuk membackup data di ponsel atau piranti gadget.

6. Jangan sembarangan terima file

Jangan asal terima file atau data dari orang yang tidak kenal karena ada aplikasi mengirim pesan atau bluetooth yang sekaligue dapat mengirimkan adware ke ponsel atau piranti gadget.

Semoga tips ini menjadi pencegahan awal untuk piranti gadget anda, sehingga bukan hanya membeli saja setidaknya anda mengetahui apa yang harus di lakukan untuk pencegahannya bila terjadi sesuatu pada piranti gadget anda.

Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment