Mengenal Bahasa Inggris Britania dan Bahasa Inggris Amerika

Ejaan bahasa inggris yang umum di pakai di dunia bisa digolongkan menjadi dua macam,yaitu ejaan Amerika dan Britania. Ejaan Amerika sering di pakai di negara Amerika Serikat dan negara-negara yang di pengaruhi oleh AS (Filiphina adalah salah satu contohnya) ; ejaan Britania di pakai di negara Inggris (kerajaan britania) dan negara-negara persemakmuran. Kedua Ejaan ini memiliki perbedaan yang signifikan, terutama di sebabkan karena konflik antara Inggris dan koloni Amerika Serikat. Rakyat Amerika Serikat pada waktu itu Berusaha Melepaskan diri dari pengaruh kerajaan Britania dan mencari jati diri mereka sendiri dan bahasa Inggris merupakan salah satu aspek tersebut.

Pada awal abad ke-18, Ejaan bahasa inggris belum memiliki standar tertulis. Perbedaan standar tersebut menjadi kentara setelah penerbitan kamus-kamus yang berpengaruh. Ejaan Bahasa Inggris Britania saat ini hampir seluruhnya mengikuti tulisan Samuel johnson dalam bukunya The Dictionary of English Language (Kamus Bahasa Inggris) yang di terbitkan tahun 1755.

Ejaan Bahasa Inggris Amerika pertama kali di perkenalkan oleh Noah Webster melalui bukunya An American Dictionary of English Language (kamus Amerika tentang Bahasa Inggris) pada tahun 1828. Webster adalah seseorang yang gigih memperjuangkan perubahan ejaan bahasa inggris dengan alasan kebahasaan dan nasionalisme. Banyak perubahan ejaan yang di usulkan oleh Webster yang tidak di terima.

Di kanada, meskipun sebagian besar menggunakan ejaan Britania, namun ejaan Amerika juga di gunakan karena letak Kanada yang Berdekatan dengan AS.

Semoga Bermanfaat.......
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment