[Tutorial] Cara Setting IP Address manual di Windows 8


Halo sobat blogger, kali ini saya akan akan menshare tutorial mengkonfigurasi atau mensetting IP Address manual LAN dan Wireless di Windows 8. Seperti di windows 7 caranya hanya saja tempat dan penempatannya yang berbeda. Langsung saja simak cara-caranya maupun tutorial Cara Setting IP Address manual di Windows 8 di bawah ini :

Cara Setting IP Address manual di Windows 8

1. Pertama-tama buka laptop atau pc sobat semua, lalu biarkan sampai menyala dan desktop terbuka seperti pada gambar. Kemudian arahkan kursor mouse ke pojok kiri bawah dan klik kanan di sana. Maka akan muncul beberapa menu. karena kita akan mensetting IP Address lalu klik saja menu "Control Panel" sesuai di gambar di bawah ini.


2. Kemudian akan muncul lagi beberapa menu seperti gambar di bawah langsung saja pilih menu "Network and Internet" lalu klik dua kali.




3. Setelah sobat semua mengklik 2 kali menu tersebut, Akan di hadapkan pada menu - menu lainnya. Langsung saja klik 2 kali menu "Network and Sharing Center". 



4. Setelah sobat mengklik menu tersebut, maka akan masuk ke halaman atau menu Network and Sharing Center. kemudian arahkan kursor ke bagian kiri menu seperti di gambar. Pilih "Change Adapter Setting" kemudian klik 2 kali.



5. lalu setelah sobat mengklik 2 kali akan masuk ke menu selanjutnya yaitu daftar - daftar adapter yang sobat punya. Kalau yang di gambar itu 3 karena saya memang mempunyai 3 adapter koneksi internet. Nah untuk LAN itu saya beri lingkaran Biru dan untuk Wireless Berwarna Merah. kemudian sobat tinggal pilih mana yang mau di setting maupun di rubah IP Adressnya secara manual. Kalau saya memilih Ethernet karena itu adalah LAN yang saya punya Langsung saja seperti gambar di bawah :



 6. Kemudian sobat di hadapkan lagi pada menu atau pengaturan - pengaturan yang sobat pilih tadi. Untuk Merubah atau mensetting IP Adress langsung saja cari Tulisan "Internet Protocol Version (TCP/IPv4)" seperti gambar di bawah.



7. Setelah itu ada 2 Pilihan yang di atas itu adalah untuk mengatur IP Adress dan yang di bawah itu untuk DNS. Kalu pilihan Otomatis IP Adress tinggal klik yang "Obtain an IP Adress Automatically". Lalu untuk yang manual pilih yang bawah yaitu "Use the Following IP Adress".



8. Setelah anda memilih "Use The following IP Adress" silakan tinggal isikan saja IP Adress seperti gambar di bawah ini. Isikan juga Subnet Masknya lalu Default Gatewaynya. Untuk mengisi IP Adress tinggal SObat saja yang memilih Alamatnya mau Angkanya berapa terserah sobat sendiri asalkan masih masuk di Kelas - kelas IP. Jika sobat juga ingin merubah DNS ke Manual, klik yang bawah juga lalu isikan lah DNS yang sobat mau isikan. Lalu Klik OK.


9. IP Address sobat semua sudah terganti ke posisi manual. Biasanya saya mengganti Ip Adress ini untuk Bermain Game Lan dengan teman saya. Itulah Tutorial dari saya tentang Cara Setting IP Address manual di Windows 8.



Semoga Tutorial ini bisa bermanfaat
Jika Ingin mengcopy harap Sertakan Link Sumber ini. Terima Kasih.

#Copyright 2013
#Setiawan Jodi 


7 Responses to "[Tutorial] Cara Setting IP Address manual di Windows 8"

  1. permisi...
    saya sekarang tinggal di saudi arabia, dan saya mau bermain point blank indonesia, tetapi pas login point blank indonesia IP Block.
    nah tutorial diatas sudah saya coba tapi masih tetap IP Block.
    ada yg tau ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. point blank untuk saat ini sudah pindah ke garena, dan untuk mengakses mungkin hanya khusus ip indonesia saja, untuk anda yang di luar negeri mungkin anda bisa memakai login menggunakan akun ssh indonesia / vpn indonesia untuk bermain game di indonesia meskipun dari luar negeri

      Hapus
  2. Cara diatas sudah saya coba tetapi kok masih tetap ya tidak berganti manual

    BalasHapus
  3. Cara bermain game server singapore gimana ya? Soalnya pas mau main game nya ada bacaan, "ip addres from you country can no longer access the game".. Tau solusinya ga kang? Makasih

    BalasHapus
  4. artikelnya menarik gan, oh iya itu gmna ya gan masalah DNS nya, DNS yang terbaik yang mana ya DNS dari google atau dari providernya gan mohon solusinya

    BalasHapus
  5. thank you so much, this article help me to solve my connection error..

    BalasHapus
  6. permisi gan...
    saya mau nanya nih , ane ada wifi misalkan namanya "sovianet" nah pada saat ane connect kan muncul nama "sovianet 3".

    cara menghilangkan angka 3 nya itu gimana ya gan?

    mohon pencerahannya

    BalasHapus