[Tips] 11 Sistem Operasi Linux Yang Wajib Di Pilih

Halo Sobat Blogger, Kali ini saya akan menshare 11 Sistem Operasi Linux Yang Di Gemari Saat Ini. Linux saat ini merupakan sistem operasi open source yang beredar luas di dunia apa lagi di indonesia. Langsung saja simak 11 Sistem Operasi Linux Yang Di Gemari Saat Ini di bawah ini :

Linux merupakan salah satu jenis sistem operasi yang sedang tumbuh dan berkembang d ikalangan pengguna komputer saat ini, di mana sistem operasi yang banyak sedang banyak dipergunakan yaitu Windows XP yang akan pensiun pada tahun 2014. Maka sistem operasi Linux mungkin bisa dijadikan sebagai sistem operasi alternatif jika Anda tidak memiliki uang yang cukup banyak untuk melakukan upgrade ke Windows 7 ataupun Windows 8 yang harganya bisa dua kali lipat lebih mahal dari Windows XP.

Kali ini Paseban akan mengulas mengenai distro Linux favorit yang banyak digunakan atau menjadi distro favorit di kalangan pengguna sistem operasi Linux. Sistem operasi Linux sangat stabil dan dapat diandalkan dalam hal penggunaannya. Linux juga menyediakan beberapa aplikasi serta utilitas yang dapat membantu Anda untuk mengelola berbagai jenis pekerjaan agar kinerja Anda dapat berjalan efektif. Sebenarnya banyak sekali distro Linux yang sudah dibuat maupun dirilis, namun kali ini Paseban akan mengulas 11 distro Linux yang paling banyak dipergunakan saat ini.

Linux Mint

Linux Mint adalah sebuah sistem operasi komputer yang berbasiskan pada Ubuntu. Sistem operasi ini pertama kali diluncurkan/dirilis pada tahun 2006 oleh Clement Lefebvre. Linux Mint adalah salah satu distro Linux yang cukup populer. Alasan di balik popularitas Linux Mint adalah karena desain tampilannya yang user friendly, mudah untuk melakukan berbagai proses menginstal aplikasi, serta tersedia dukungan aplikasi multimedia yang cukup lengkap, handal dan juga aman.

Linux Mint juga dilengkapi dengan dukungan berbagai perangkat lunak dan aplikasi seperti Java, browser web Plugin seperti adobe flash dan masih banyak lagi yang secara default tidak diinstal oleh distributor Linux lainnya. Linux Mint akan memberikan Anda sebuah pengalaman yang hampir sama seperti saat Anda menggunakan Microsoft Windows. Sistem operasi ini dibangun berdasarkan Ubuntu dan Debian serta memberikan dukungan lebih dari 30.000 paket perangkat lunak (software packages).

Ubuntu

Ubuntu juga termasuk kedalam sistem operasi komputer yang dibuat berdasarkan distribusi dari Debian. Sistem operasi Ubuntu ini didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas dan juga sumber terbuka (open source). Ubuntu sendiri berasal dari sebuah kata Afrika yang berarti "Kemanusiaan untuk orang lain". Ubuntu didirikan sebagai platform server perusahaan pada tahun 2004. Rilis pertama Ubuntu didasarkan pada GNOME Desktop, kemudian ditambahkan edisi KDE, Kubuntu, dan edisi server.

Ubuntu adalah salah satu sistem operasi/distro Linux favorit yang cukup aman dipergunakan bagi para pemula yang masih belajar Linux, Anda bisa berselancar dengan aman saat terhubung ke internet, Semua jenis file dan data akan tetap dilindungi dan dijaga kerahasiaannya. Ubuntu sendiri memiliki fitur inbuilt firewall dan perlindungan virus untuk menghindari spam dan segala jenis serangan malware. Ubuntu juga dapat bekerja sangat baik dengan berbagai jenis perangkat aplikasi seperti plugin kamera, printer atau dipergunakan sebagai MP3 player dan berbagai hal lainnya.

Mageia

Mageia adalah sistem operasi komputer berbasis lisensi GNU/ Linux dan perangkat lunak bebas untuk dipergunakan semua orang. Sistem operasi ini dibentuk oleh tim France Company, sebuah organisasi yang menghasilkan distro Mandriva Linux. Versi pertamanya sendiri dirilis pada bulan September 2010. Versi kedua dirilis di bulan Mei 2012. Mageia tersedia dalam rilis GNOME 3.4, KDE4 SC 4.8.2, LXDE, XFCE 4.9, Razor-Qt dan E17. Mageia ini sangat stabil untuk diperguanakan dan juga dapat diandalkan serta tidak membutuhkan hardware dengan spesifikasi yang tinggi.

Sistem operasi Megeia dapat berjalan pada prosesor Intel, AMD atau prosesor VIA. Memori RAM minimum untuk dapat menjalankan Linux Mageia yaitu sebesar 512MB RAM. Serta membutuhkan memori penyimpanan hardisk yang kecil yaitu sebesar 6GB, idealnya yang dibutuhkan hanya 1GB ruang penyimpanan untuk alokasi sistem.

Sistem operasi ini adalah sebuah proyek publik dan organisasi nirlaba yang bertujuan untuk membangun aplikasi-aplikasi besar untuk dipergunakan oleh masyarakat luas. Sistem operasi Mageia juga termasuk kedalam sebuah sistem operasi yang user-friendly, stabil dan sangat cocok digunakan untuk para pemula (newbie) yang ingin belajar Linux.

Fedora

Fedora adalah sistem operasi dan perangkat lunak open source. Anda dapat menggunakan Fedora sebagai pengganti/alternatf pilihan dari sistem operasi Microsoft Windows ataupun sistem operasi Apple Mac OS. Linux Fedora didistribusikan oleh Red Hat, sebuah perngembang teknologi open source terpercaya di dunia. Red Hat berkontribusi untuk Fedora untuk mendorong kerja sama dan menciptakan teknologi perangkat lunak baru. Semua insinyur serta anggota tim bertanggung jawab terhadap produk Red Hat Linux Enterprise yang menggunakan Fedora sebagai sebuah penelitian terbuka (open research). Hal ini memungkinkan Anda untuk bereksperimen dengan berbagai teknologi baru secara langsung.

OpenSuse

Sistem operasi OpenSuse dibangun/didasarkan pada lisensi GNU / Linux. OpenSuse adalah sistem operasi bebas dan open source yang dapat dijadikan sebagai alternatif pengganti lainnya untuk sistem operasi Microsoft Windows. Linux OpenSuse cocok untuk dapat dipergunakan untuk semua jenis perangkat seperti laptop, desktop PC, server, PC multimedia untuk di rumah maupun kantor. OpenSuse merupakan salah satu distro terkemuka diantara GNU / Linux dan juga merupakan salah satu distro yang tertua.

OpenSuse merilis versi baru setiap 8 bulan sekali. Setiap rilis menyediakan berbagai jenis update keamanan untuk periode 18 bulan. Selain memberikan Anda stabilitas dan kinerja yang baik termasuk skalabilitas yang lebih baik dari manajemen memori virtual dan pemisahan terminal users’ tasks. OpenSuse dilengkapi fitur dari GNOME 3.6, Xfce 4.10 dan LXDE 1.1 bersama dengan KDE Plasma Desktop terbaru 4.10 sebagai alternatif. Selain itu OpenSuse juga mencakup GNOME Shell yang akan menjadi sebuah bagian dari generasi yang akan datang dari GNOME 3. Semua perangkat lunak ini terintegrasi satu sama lain untuk sebuah kinerja fungsionalitas aplikasi untuk dipergunakan ke dalam sistem berat maupun yang sangat ringan seperti Xfce dan LXDE.

OpenSuse memperkenalkan tumbleweed repositori rilis terbaru sebagai pilihan untuk membuat sistem Anda agar dapat diperbarui secara terus menerus. Tumbleweed ini berisi versi terbaru dari perangkat lunak seperti Firefox, Thunderbird yang akan membuat Anda agar lebih mudah untuk melakukan proses update dari aplikasi maupun sistem operasi.

Debian

Debian adalah salah satu sistem operasi Linux yang tertua dan paling banyak digunakan oleh sistem operasi komputer di seluruh dunia. Debian dikembangkan oleh para programmer relawan dari seluruh seluruh dunia atas dasar pengembangan terbuka (open source) untuk dilakukan berbagai penambahan fungsi dan fitur baru pada setiap rilis versi terbarunya. Pengembangan Debian juga didukung oleh sumbangan melalui SPI, yaitu sebuah organisasi non profit untuk proyek-proyek open source.

Debian adalah open source dan bebas di bawah lisensi GNU. Namun ada banyak fakta penting lainnya yang telah membuat Debian OS dipilih sebagai pilihan utama dari jutaan pengguna di seluruh dunia. Debian adalah sistem operasi berbasis Unix sehingga dapat digunakan sebagai sistem operasi desktop maupun server yang dapat digunakan sebagai solusi serbaguna, tidak peduli apakah Anda seorang administrator server atau sebagai user biasa. Sistem operasi Debian ini sangat mudah untuk diinstal pada komputer maupun pada server, serta hadir dengan lebih dari 26000 paket dukungan untuk para penggunanya.

Arch

Arch adalah tambahan distro terbaru untuk Linux saat ini, Arch pertama kali dirilis pada tahun 2002 dan dirancang sebagai "Rolling Release" yang berarti setelah Anda menginstal perangkat lunak operasi Arch menggunakan built-in package management, maka sistem akan selalu memiliki versi terbaru yang diinstal otomatis pada setiap periode waktu tertentu, Anda tidak perlu melakukan reload OS untuk mendapatkan versi terbaru. Rolling Release juga memiliki beberapa implikasi yang lebih menarik, dibutuhkan waktu berbulan-bulan atau tahun untuk menggabungkan teknologi baru. Instalasi Arch Linux termasuk Kernel terbaru, di mana paket distribusi hanya akan disertakan setelah rilis berikutnya.

CentOS

CentOS adalah sebuah sistem operasi enterprise yang dibangun dengan Linux framework. Sistem operasi ini pertama kali dirilis pada tahun 2004 dan merupakan salah satu yang terbesar dan populer di kalangan pengguna Linux. CentOS dapat dipergunakan dan juga dikembangkan secara gratis, sistem operasi CentOS bukan ditujukan untuk pemula, Namun CentOS ditujukan untuk para pengguna server yg memiliki pengetahuan lebih, memiliki kemampuan penggunaan Linux, serta pengguna yang mampu melakukan pemprograman computer, dan juga mengetahui system/aplikasi yang sedang berjalan saat ini.

Ada berbagai perbedaan yang membuat CentOS menjadi unik dari distro Linux lainnya. Selain populer karena sistem operasinya berbasiskan arsitektur Red Hat Linux yang sangat stabil, sistem operasi ini juga memiliki pembaruan dan jadwal dukungan yang panjang. Linux CentOS adalah alternatif gratis untuk siapa saja yang menginginkan kestabilan dan juga dukungan dari Red Hat.

PCLinuxOS

PCLinuxOS adalah sebuah sistem operasi Linux yang user-friendly serta sistem operasi komputer berbasis open source. Distribusi Linux ini dirilis dengan edisi LiveCD yang memungkinkan penggunanya untuk dapat mencoba PCLinuxOS tanpa harus menginstalnya pada komputer/laptop Anda, artinya Anda dapat menggunakannya dari Sebuah keeping CD/DVD/USB drive dan Anda juga dapat menginstalnya pada harddisk sesuai pilihan Anda. Sistem operasi ini memiliki sistem manajemen paket APT package management system yang berguna untuk memudahkan instalasi aplikasi perangkat lunak.

PCLinuxOS memiliki paket lebih dari 12000 RPM perangkat lunak yang tersedia dari repositori. Sistem operasi ini memiliki script yang disebut "mylivecd". Script ini memungkinkan pengguna untuk mengambil snapshot saat proses instalasi hard drive mereka seperti pada pengaturan, aplikasi, dokumen dll. PCLinuxOS juga memungkinkan Anda untuk mengkompresnya kedalam CD / DVD dari sebuah image ISO. Dengan bantuan ini Anda dapat mengambil kembali dari data pengguna dan juga membuat Anda sendiri LiveCD / DVD.

Puppy Linux

Menurut situs pelacakan distro "Distrowatch", Puppy Linux adalah salah satu dari dua puluh distro Linux paling populer di seluruh dunia. Sistem operasi Linux ini mencakup semua aplikasi yang diperlukan untuk penggunaan sehari-hari, mudah dipergunakan tidak peduli apakah Anda baru mengenal Linux atau terbiasa menggunakan sistem operasi Windows. Puppy Linux ringan untuk dipergunakan dan dapat bekerja dengan meskipun Anda memiliki kapasitas hard disk terbatas.

Sistem operasi Puppy juga dapat memberikan sebuah pengalaman penggunaan yang baik untuk sebuah PC yang sudah tua atau “jadul”. Anda dapat menginstal dan juga dapat melakukan boot dari perangkat bootable USB seperti Memory, Hard disk, CD atau DVD, rewritable CD dan DVD dan antarmuka jaringan. Puppy tidak didasarkan pada distribusi yang lain.

Backtrack / Kali Linux

BackTrack menyediakan akses mudah untuk tools komprehensif yang berhubungan dengan keamanan, mulai dari Port Scanner sampai Password Scanner. Dukungan fungsi Live CD dan Live USB mengijinkan pengguna untuk me-boot BackTrack secara langsung dari media penyimpan portabel tanpa harus melakukan penginstallan pada hardisk secara permanen. Namun, sekarang lebih mengembangkan Kali Linux. Sistem operasi ini ditujukan bagi ahli keamanan dalam sebuah sistem komputer,

#Semoga Bermanfaat
Referensi : Paseban.com

2 komentar:

  1. saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
    Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
    terimakasih ya infonya :)

    ReplyDelete