Penjelasan Set Instruksi (Himpunan Instruksi) Microprocessor



Halo sobat Blogger,

kali ini saya akan berbagi tentang Penjelasan Set Instruksi (HImpunan Instruksi). Set Instruksi ini adalah intruksi yg di gunakan di microprocessor langsung saja simak Penjelasan Set Instruksi (Himpunan Instruksi) di bawah ini :

Himpunan Instruksi (Set Instruksi)

Adalah Kumpulan dari instruksi-instruksi yang berbeda yang dapat dijalankan oleh CPU disebut Set Instruksi (Instruction Set). Instruksi ini sering disebut sebagai instruksi mesin (mechine instructions) atau instruksi komputer (computer instructions).

Mempelajari karakteristik instruksi mesin, meliputi:
- Elemen-Elemen Instruksi Mesin
- Representasi Instruksinya
- Jenis-Jenis Instruksi
- Penggunaan Alamat
- Rancangan Set Instruksi
- Instruksi Mnemonic

Elemen - Elemen Dari Instruksi Mesin (Set Instruksi)

1. Operation Code (opcode)
Menentukan operasi yang akan dilaksanakan
2. Source Operand Reference
Merupakan input bagi operasi yang akan dilaksanakan
3. Result Operand Reference
Merupakan hasil dari operasi yang dilaksanakan
4. Next instruction Reference
Memberitahu CPU untuk mengambil (fetch) instruksi berikutnya setelah instruksi yang dijalankan selesai.

Representasi Set Instruksi


• Instruksi komputer direpresentasikan oleh sekumpulan bit. Instruksi dibagi menjadi beberapa field.

• Field-field ini diisi oleh elemen-elemen instruksi yang membawa informasi bagi operasi CPU.
• Layout instruksi dikenal dengan format instruksi.

Jenis - Jenis Instruksi



1. Data processing: Arithmetic dan Logic Instructions

Meliputi operasi-operasi aritmatika dan logika. Operasi aritmatika memiliki kemampuan komputasi untuk pengolahan data numerik. Sedangkan instruksi logika beroperasi terhadap bit-bit word sebagai bit, bukannya sebagai bilangan, sehingga instruksi ini memiliki kemampuan untuk pengolahan data lain.




2. Data storage: Memory instructions

Berisi instruksi-instruksi penyimpanan ke memori. Instruksi penyimpanan sangat penting dalam operasi komputasi, karena data tersebut akan digunakan untuk operasi berikutnya, minimal untuk ditampilkan pada layar harus diadakan penyimpanan walaupun sementara.




3. Data Movement: I/O instructions

Berisi instruksi perpindahan data antar register maupun modul I/O. Untuk dapat diolah oleh CPU maka diperlukan instruksi-instruksi yang bertugas memindahkan data operand yang diperlukan.



Instruksi IN dan OUT berfungsi untuk mengatur lalu lintas dengan peralatan I/O. Dalam instruksi OUT, sumber selalu accumulator. Dalam instruksi IN, tujuan adalah accumulator. Di belakang operasi IN dan OUT kita hanya perlu mencantumkan nomor pintu ( gate number ) saja, yaitu alamatnya peralatan I/O. 




4. Control: Test and branch instructions

Berisi instruksi pengontrolan operasi dan percabangan. Instruksi ini berfungsi untuk pengontrolan status dan mengoperasikan percabangan ke set instruksi lain.

Instruksi Mnemonic

Instruksi atau perintah pada Microprocessor yang di susun berbentuk singkatan kata. Atau dengan kata lain Mnemonik (artinya sesuatu yang memudahkan diingat) merupakan singkatan perintah, dikenal dua macam mnemonik, yakni manemonic yang dipakai sebagai instruksi mengendalikan prosesor, misalnya ADD, MOV, DJNZ dan lain sebagainya.

Ada pula mnemonik yang dipakai untuk mengatur kerja dari program Assembler misalnya ORG, EQU atau DB, mnemonik untuk mengatur kerja dari program Assembler ini dinamakan sebagai ‘Assembler Directive’.


#Semoga Bermafaat
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment