[Info] Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) Akan Melintasi Wilayah Indonesia Besok Subuh

ISS
Bagi yang mulai melaksanakan ibadah puasa pada Selasa (9/7/2013) besok, ada kegiatan menarik setelah santap sahur dan shalat subuh. Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) akan melihat di atas langit Jakarta sehingga bisa dilihat dengan mata telanjang.

Astrofisikawan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin, mengatakan, "ISS akan melintas selama hampir tiga menit di timur laut dan cukup terang jadi bisa dilihat dengan mata telanjang."

Menurut situs Heavens Above, ISS akan tampak di atas Jakarta antara pukul 04.26.21 WIB hingga 04.28.45 WIB dengan magnitud -2,2. Magnitud menyatakan kecemerlangan benda langit atau satelit. Semakin kecil dan negatif nilai magnitud, semakin cerlang benda langit yang dimaksud.

Dihubungi Kompas.com, Senin (8/7/2013), Thomas mengungkapkan, "Karena cukup terang, ISS nanti akan terlihat seperti bintang."

Selain di Jakarta, ISS juga bisa dilihat di kota-kota lain di Indonesia. Di Bandung, ISS akan melintas pada waktu yang lebih kurang sama dengan Jakarta. Di Padang, ISS akan tampak mulai pukul 04.26 WIB, tetapi hanya bisa dilihat selama satu menit. Sementara di Pontianak, ISS akan tampak hampir 5 menit, hingga pukul 04.30 WIB.

ISS juga melintas di beberapa wilayah Indonesia tengah dan timur tetapi mungkin saat fajar sudah menyingsing. Di Makassar, ISS bisa dilihat sekitar pukul 05.26 Wita, sementara di Biak sekitar pukul 04.53 WIT.

Melintasnya ISS di atas langit Indonesia sebenarnya bukan barang langka. Namun, kadang diabaikan atau tak disadari. ISS mengorbit Bumi sekitar 15 kali dalam satu hari, tetapi tak selalu melintas di wilayah yang sama dan tak selalu terlihat karena kadang melintasi suatu wilayah pada siang hari.

ISS mendukung kegiatan penelitian maupun popularisasi astronomi. Dari penelitian ISS, diketahui adanya cacing yang tetap dapat hidup normal setelah dari antariksa. Dari ISS pula foto-foto menarik Bumi dihasilkan dari sudut pandang lain..

Sumber : kompas.com
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment