Inilah 3 Tanda Yang Mengharuskan Baterai Smartphone Anda Diganti

Inilah 3 Tanda Yang Mengharuskan Baterai Smartphone Anda Diganti

Sebagai pengguna smartphone, tentu baterai menjadi komponen yang sangat penting bagi kelangsungan smartphone itu sendiri. Baterai juga merupakan sumber daya bagi smartphone itu sendiri. Kini baterai telah hadir dalam berbagai jenis, seperti Li-Ion dan Li-Polimer.

Namun, banyak dari kita tidak tahu cara merawat baterai smartphone dengan benar, contohnya melakukan charging saat sebelum tidur dan akan dicabut setelah bangun tidur, padahal 2/3 jam saja baterai itu sudah terisi penuh. Hal tersebutlah yang membuat baterai menjadi kembung dan cepat drop.

Tentunya hal diatas dapat memperpendek umur baterai anda. Jika baterai anda mengalami gejala sepereti dibawah ini, alangkah baiknya anda langsung mengganti baterai tersebut. Berikut 3 Tanda Yang Mengharuskan Baterai Smartphone Anda Diganti.

1. Baru Mengisi Daya Hingga Penuh, Tapi Cepat Habis

Jika hal seperti ini terjadi, banyak hal yang perlu diperiksa, mulai dari pemakaian sumber daya, yaitu aplikasi apa saja yang berjalan di background, dan lainnya. Tetapi, jika penurunan daya baterai berlangsung secara stimulan (terus-menerus), maka ada yang tidak beres dengan baterai anda.

2. Baterai Terasa Panas

Baterai terasa panas saat menjalankan banyak aplikasi/sedang bermain game itu adalah hal yang wajar. Tapi jika baterai anda terasa panas saat tidak melakukan apa-apa tentunya ada masalah pada baterai anda. Sebaiknya periksa kondisi baterai anda tersebut.

3. Baterai Kembung

Ini adalah faktor yang paling sering ditemukan. Jika anda menemukan baterai dalam kondisi menggelembung/kembung, sudah dipastikan agar anda segera mengganti baterai tersebut, karena dengan menggelembung/kembungnya baterai, media penyimpanan daya sudah tidak bekerja dengan optimal lagi. Biasanya hal ini terjadi karena melakukan pengisian daya lebih dari durasi yang ditentukan, misalkan mengisi daya saat malam hari dan dicabutnya pagi hari. Juga bermain sambil mengisi daya (charge) dapat membuat baterai menjadi kembung.

Sejatinya smartphone merupakan komponen yang tidak terlalu rentan dan bisa dibilang cukup kuat (walau tak sekuat hp jadul). Tapi itu semua kembali ke pengguna, apakah pengguna bisa merawat atau memperlakukan dengan bijak smartphone tersebut.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment