Berwudhulah Maka Kau Akan Sehat


Rasulullah bersabda, “Barangsiapa berwudhu dengan membaguskan wudhu’nya, maka keluarlah dosa-dosanya dari kulitnya sampai dari kuku jari-jemarinya”. HR. Muslim.

Setiap muslim yang rutin menjalankan ibadah sholat sudah pasti tidak akan melewatkan wudhu. Bagaimana tidak, wudhu adalah sebuah upaya untuk mensucikan diri guna menghadap Ilahi dalam ibadah sholat. Berwudhu sebelum sholat adalah bentuk nyata bahwa Islam sangat memperhatikan kebersihan ketika hendak berkhalwat dengan Allah SWT.

Kata wudhu dalam bahasa Arab adalah derivasi dari kata al-Wadhâ’ah, yang berarti kebersihan, kecantikan, keindahan, dan cahaya. Sedangkan wudhu ditinjau dari segi syariah adalah membasuh atau mengusap angota badan tertentu yang sudah ditetapkan dan disyariatkan Allah, dengan menggunakan air yang suci dan menyucikan. “Apabila kamu hendak melaksanakan shalat, maka basuhlah wajahmu dan tanganmu sampai ke siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kedua kakimu sampai ke kedua mata kaki.” (QS. al-Mâ’idah: 6)

Coba kita perhatikan semua anggota badan yang wajib dibasuh atau diusap dalam ayat diatas adalah anggota yang terbuka, sangat mudah terkontaminasi berbagai macam kotoran, bakteri, dan apalagi lah namanya, yang jika dibiarkan dalam waktu lama akan menyebabkan kita mudah terserang penyakit. Subhanallah.

Ilmu kontemporer menetapkan -setelah melalui percobaan mikroskopi terhadap tumbuhnya mikroba pada orang yang berwudhu’ secara teratur dan juga kepada yang tidak teratur- bahwasannya orang yang selalu berwudhu maka mayoritas hidung mereka menjadi bersih, tidak terdapat berbagai mikroba. Oleh karena itu, adanya mikroba yang menempel pada mereka hilang sama sekali ketika mereka membersihkan hidung, dibandingkan dengan orang yang tidak berwudhu’ maka tumbuh pada hidung mereka berbagai mikroba dalam jumlah yang besar yang termasuk jenis mikroba berbentuk bulat dan berklaster yang sangat berbahaya … dan mikroba yang cepat menyebar dan berkembang-biak … dan mikroba lainnya yang menyebabkan banyak terjadinya berbagai penyakit. Dan sudah jelas bahwasannya proses keracunan itu terjadi adanya perkembangan berbagai mikroba yang berbahaya bagi rongga hidung, kemudian sampai ke tenggorokan untuk kemudian terjadi berbagai peradangan dan penyakit, apalagi jika sampai masuk ke peredaran darah!!
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment