Penjelasan Fixed Point, Floating Point & Error Correction



Halo Sobat Blogger,

Kali ini saya akan berbagi materi kuliah saya untuk mata kuliah microprocessor. Materi ini mengenai Penjelasan Fixed Point, Floating Point & Error Correction. Langsugn saja simak di bawah ini :

Fixed Point
Bilangan fixed Point memiliki nilai digit spesifik pada salah satu titik desimalnya. Hal ini memang membatasi jangkauan nilai yang mungkin untuk angkaangka tersebut, tetapi hal ini justru dapat dihitung oleh CPU secara lebih cepat. 

Floating Point
Bilangan Floating Point merupakan bilangan yang diekspresikan dalam notasi ilmiah, di mana sebuah angka direpresentasikan sebagai angka desimal yang dikalikan dengan pangkat 10 (seperti 3,14 x 1057). • Notasi ilmiah seperti ini merupakan cara yang singkat untuk mengekspresikan bilangan yang sangat besar atau bilangan yang sangat kecil, dan juga mengizinkan jangkauan nilai yang sangat jauh sebelum dan sesudah titik desimalnya.


Error Correction (Metode Pendeteksian Error)
Di bagi menjadi dua yaitu :

1. Cyclic Redudancy check (Koreksi Error). 
Dalam melaksanakan fungsi penyimpanan, memori semikonduktor dimungkinkan mengalami kesalahan. ~ Kesalahan berat yang biasanya merupakan kerusakan fisik memori ~ Kesalahan ringan yang berhubungan data yang disimpan. ~ Kesalahan ringan dapat dikoreksi kembali. ~ Koreksi kesalahan data yang disimpan diperlukan dua mekanisme } Mekanisme pendeteksian kesalahan } Mekanisme perbaikan kesalahan.

2. Hamming Codes (Kode Hamming). 
Diciptakan Richard Hamming di Bell Lab 1950 ~ Mekanisme pendeteksian kesalahan dengan menambahkan data word (D) dengan suatu kode, biasanya bit cek paritas (C). Data yang disimpan memiliki panjang D + C. ~ Kesalahan diketahui dengan menganalisa data dan bit paritas tersebut. ~  Mekanisme koreksi kesalahan akan meningkatkan realibitas bagi memori ~ Menambah kompleksitas pengolahan data. ~ Menambah kapasitas memori karena adanya penambahan bit – bit cek paritas. ~ Memori akan lebih besar beberapa persen atau dengan kata lain kapasitas penyimpanan akan berkurang karena beberapa lokasi digunakan untuk mekanisme koreksi kesalahan.




#Semoga Bermanfaat
#Setiawan jodi

Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment